Tugas Paper
Tentang Amazon.com
Disusun
oleh:
M Fakhrel Maulana
(1501154148)
Program Studi Administrasi Bisnis
Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Telkom University
2016
DAFTAR ISI................................................................................................................2
1.1 PENDAHLUAN...........................................................................................................3
PADA AMAZON.COM..................................................................................................... 10
1.7 CAPTURE AMAZON.COM..................................................................................... 12
1.1 PENDAHULUAN
Mobilitas manusia yang
tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang
dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini
muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen
dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce.
Pengertian e-business adalah kegiatan transaksi ,
jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis melalui kegiatan
elektronik/internet , dan juga perusahaan dapat berhubungan langsung dengan
customernya , rekan bisnis ataupun supplier. Kelebihan ebusiness yaitu (1)Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang
mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi
tradisional. (2)Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). (3)
Menurunkan biaya operasional (operating cost). (4)Melebarkan jangkauan (global
reach). (5)Meningkatkan customer loyality. (6)Memperpendek waktu produksi.
(7)Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan). Kekurangan e-business yaitu (1)Pencurian informasi
rahasia yang berharga. (2)Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
(3)Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. (4)Kerugian yang
tidak terduga. Ada beberapa jenis e-business
yaitu business to business ,business to consumer, business to administrator ,
buyer driven market , seller driven market .
Sedangkan pengertian e-commerce adalah satu set dinamis
teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen,
dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang,
pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Kelebihan e-commerce
yaitu (1)Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses
pemasaranMeningkatkan daya saing perusahaan. (2)Menggantikan konsep manual.
(3)Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah. (4)Memudahkan bagi calon
pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari
atau jauh dari tempat tinggalnya. (5)Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi
lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.Kekurangan e-commerce yaitu (1)Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan.
(2)Penjelasan produk kurang jelas. (3)Harga terkadang tidak sesuai.
(4)Produk kurang dikenal oleh masyarakat.
(5)Kurang aman dalam melakukan transaksi. (6)Tampilan produk kurang jelas.
(7)Sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.
1.2 SEJARAH DAN PERKEMBANGAN AMAZON.COM
Perusahaan ini
didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bozes dan mulai dipublikasikan untuk
khalayak umum satu tahun kemudian yaitu tahun 1995. Bozes pada mulanya bekerja
di De Shaw&CO memutuskan untuk membuat perusahaannya sendiri.
Pada mulanya nama dari perusahaan toko
online ini adalah ‘Cadabra’ dan pertama rilis tanggal 5 Juli tahun 1994.
Setelah dipikirkan kembali barulah pada tahun 1995 namanya berubah. Penggantian
nama ini dikarenakan nama yang awal terdengar sangat mengerikan dan kurang
menjual. Dengan penggantian nama menjadi amazon.com terasa lebih istimewa dan
tentunya akan mudah dicari karena dengan awalan A maka akan berada dalam daftar
paling atas sendiri. Selain itu, dia juga ingin perusahaan yang dibangunnya
menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis yang ada di Amerika.
Perusahaan toko online yang berkantor si Seattle, Washington, Amerika Serikat
ini dibangun berdasarkan analisis yang sangat mendalam. Bozes melihat peluang
yang sangat besar sekali dengan perkembangan dunia internet yang akan terjadi
di masa mendatang. Dan terbukti sekarang perusahaannya sudah sangat berkembang
pesat. Pada awalnya, Bozes merinci ada 20 daftar nama barang yang akan
dipasarkannya tapi kemudian dipersempit menjadi 5 saja yang akan dipasarkan dan
dianggap sangat menguntungkan. Kelima produk tersebut yaitu buku, software
komputer, video, hardware komputer, dan compact disc. Dari lima daftar ini
akhirnya Bozes memutuskan untuk menjual buku secara online pada mulanya. Pada
awal penjualan di amazon.com berupa buku ini mengalami perkembangan yang pesat
karena ketika itu permintaan buka sangat banyak.
1.3 PRODUK YANG DIGUNAKAN UNTUK KEGIATAN BISNIS
1).Amazon Book Surge
Amazon’s BookSurge
adalah buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan untuk mendistribusikan
bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor.
BookSurge beroperasi pada April tahun 2005.
2).Amazon EBS
Amazon Elastis
Blokir Store (EBS) menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk digunakan
dengan Amazon EC2. Amazon EBS sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan
database, sistem file, atau akses ke mentah blok tingkat penyimpanan.
Diluncurkan ke publik pada 21 Agustus 2008.
3).Amazon EC 2
Amazon EC2 ( Elastis Cara Cloud )
berfungsi menyediakan layanan server virtual dengan harga yang murah. Bersama
Amazon’s virtual penyimpanan produk S3, EC2 bekerja sama untuk menyediakan
ruang data storage. penyimpanan data. Contohnya adalah Pownce dan Justin.tv
yang menggunakan EC2. Disini user hanya membayar sejumlah yang digunakan.
Contoh setiap jam adalah $ 0,10 dan tidak ada biaya
minimum.
4).Amazon Elastic Map Reduce
Amazon elastis MapReduce merupakan bagian
dari Amazon Web Services (aws). Ini adalah layanan web yang memungkinkan
perusahaan, peneliti, analis data, dan pengembang dengan mudah dan dengan biaya
yang efektif untuk memproses data dalam jumlah besar. Menggunakan Amazon
Elastic MapReduce pengguna dapat melakukan aplikasi seperti web indexing, data,
log file analysis, machine learning,financial, scientific simulations, research
and bioinformatics.
5).Amazon Fresh
Amazon Fresh adalah layanan pengiriman
makanan yang pemesanannya dilakukan secara online. Amazon Fresh saat ini sangat
berkembang di Seattle, daerah Washington.
6).Amazon Kindle
Diperkenalkan ke publik pada bulan
November 2007Kindle adalah sebuah e-reader yang dikembangkan Amazon.com. Books,
newspapers, Buku, koran, majalah dan blog yang diambil ke perangkat nirkabel
Amazon secara gratis melalui jaringan EVDO (disebut WhisperNet) dan diterbitkan
dalam format eksklusif untuk Kindle.
7).Amazon Amazon’s Kindle 2
Kindle 2 adalah ponsel ebook reader.
Dipublikasikan pada 9 February 2009. Februari 2009. Produk ini menggunakan teknologi
nirkabel 3G.
8).Amazon Kindle DX
Amazon Kindle DX merupakan versi dari
Kindle, yang dirilis pada Mei tahun 2009. DX memiliki ukuran layar lebih besar
daripada versi Kindle sebelumnya.
9).Amazon S3
Amazon S3 (Simple Storage Service)
merupakan layanan penyimpanan online untuk perusahaan-perusahaan pengembang.
Data dapat disimpan atau diambil melalui antarmuka web sederhana dari komputer
mana saja dan dapat dilakukan setiap saat.
10).Amazon Unbox
Amazon Unbox video adalah layanan video, dan hanya tersedia
di Amerika Serikat.
11).Amazon Video on Demand
Amazon Video on Demand adalah layanan
video streaming untuk televisi dan film. Pada peluncuran di bulan Juli tahun
2008, lebih dari 40 000 film dan televisi telah tersedia disini.
12).Amazon Web Services
Sejak awal tahun 2006, Amazon Web Services
(aws) perusahaan telah menyediakan semua ukuran dengan infrastruktur layanan
web platform in the cloud. Anda dapat dengan AWS permintaan daya penghitungan,
penyimpanan, dan layanan lainnya mendapatkan akses ke yang elastis
infrastruktur TI sebagai layanan bisnis Anda tuntutan mereka.
13).Mechanical Turk
Amazon’s Mechanical Turk adalah sumber
keramaian layanan yang memungkinkan para pengembang dan perusahaan untuk
mendapatkan orang-orang untuk melakukan sejumlah kecil dari pekerjaan yang
tidak dapat melakukan komputer sangat mudah. Amazon’s service market sebagai
Artificial Intelligence, karena pengguna dapat menggunakannya untuk mendapatkan
hasil yang mirip dengan sangat sulit untuk melaksanakan/membuat artificially
intelligent machines. Manusia masih sangat unggul ke komputer di banyak realms.
Mengidentifikasi konteks dalam gambar untuk tag dapat dilakukan dengan cepat
oleh manusia, tetapi tidak sama sekali oleh komputer.
1.4 IDENTIFIKASI KEKUATAN DAN KELEMAHAN AMAZON.COM SECARA INTERNAL
1. Bagian
pemasaran
Kekuatannya:
• Amazon.com
sudah mempunyai merek yang terkenal dan tepercaya.
• Strategi
pemasaran yang bagus
• Harga
produk yang lebih murah dibandingkan pesaing yang lainnya
Kelemahannya : Pada bagian pemasaran ini tidak terdapat
kelemahan
2. Bagian
operasional
Kekuatannya:
• Situs
Website yang memiliki akses yang cepat, design yang menarik dan sangat mudah
untuk dioperasikan.
• Amazon.com
memiliki diversivikasi produk sehingga memberikan tambahan pelanggan.
Kelemahannya:
• Amazon.com
ini tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi
pengiriman. 3. Bagian Keuangan
Kekuatannya:
Semua pembayaran dilakukan secara
transfer(kartu kredit), sehingga perusahaan amazon.com sendiri tidak perlu
repot.
Kelemahannya :
Strategi free shipping khusus member akan
memepengaruhi posisi keuangan di masa depan.
1.5 ANALISIS KEKUATAN DAN KELEMAHAN AMAZON.COM
Kekuatan :
• Amazon.com
merupakan perusahaan on-line pengecer produk media yang mendidik sekaligus
menghibur.
• Fungsi
seperti Pengguna Review yang dianggap sebagai atribut yang positif untuk
berbagi informasi dan masukan yang dapat membantu mendorong penjualan.
• Amazon
merupakan perusahaan online yang telah memiliki nama yang terkenal di seluruh
dunia.
• Pada
sepuluh tahun terakhir ini telah mengembangkan basis pelanggan sekitar 30 juta
orang, dan sekarang amazon.com telah memiliki memiliki kategori produk yang
mencakup elektronik, mainan dan permainan, dan masih banyak lagi.
• Penggunaan
pasar on-line menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barangbarang
yang tidak diinginkan, sehingga menjadi point yang berbeda bagi amazon.com
untuk bersaing dengan para pengecer lainnya.
• Perhasil
membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan yang lebih muda sehingga memberikan
kesetiaan kepada merek.
Kelemahan :
• Amazon.com
tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi
pengiriman antarmuka dengan pelanggan yang tak terkendali dapat mengakibatkan
tingkat layanan dan potensi masalah biaya meningkat
seperti:transportasi,industry dan kenaikan bahan bakar kendaraan meningkat,
serta tentang perpajakan.
• Amazon
menambahkan kategori baru untuk bisnis, maka risikonya dapat merusak merek
• Supplier
sedikit
• Resiko
inventori-musiman
• Pelanggaran
data rahasisa informasi pelanggan
• Amazon
merupakan toko buku nomor satu. Toy-R merupakan pengecer nomor satu untuk
produk mainan dan permainan. Bayangkan jika Toy-R mulai menjual buku. Hal ini
akan merancukan dan membahayakan konsumennya dan juga mereknya. Dengan cara
yang sama, banyak dari kategori baru, misalnya otomotif, dapat membuktikan
terlalu membingungkan bagi pelanggan.
1.6 IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA AMAZON.COM
Untuk mengimplementasikan sebuah strategi
CRM, diperlukan paling tidak 3 (tiga) faktor kunci yaitu :
1).Orang-orang yang profesional (kualifikasi memadai),
2).Proses yang didesain dengan baik dan
3).Teknologi yang memadai (leading-edge technology).
Tenaga yang profesional tidak saja
mengerti bagaimana menghadapi pelanggan tetapi juga mengerti cara menggunakan
teknologi (untuk CRM). Apapun tanpa desain yang baik akan gagal, begitu juga
CRM. Perusahaan pengguna CRM harus sudah mengetahui tujuan (business objectives)
dan tuntutan bisnis (business requirements) yang diinginkan dari implementasi
CRM ini.
Teknologi CRM paling tidak harus memiliki elemen-elemen
berikut:
1).Aturan-aturan Bisnis:
Tergantung dari kompleksitas transaksi,
aturan-aturan bisnis harus dibuat untuk memastikan bahwa transaksi dengan
pelanggan dilakukan dengan efisien. Misalnya pelanggan dengan pembelian besar
yang mendatangkan keuntungan besar harus dilayani oleh staf penjualan senior
dan berpengalaman, dan seterusnya.
2).Penggudangan Data (data warehousing):
Konsolidasi dari
informasi tentang pelanggan harus dilakukan dalam satu sistem terpadu. Hasil
analisa harus mampu menampilkan petunjuk-petunjuk tertentu tentang pelanggan
sehingga staf penjualan dan marketing mampu melakukan kampanye terfokus
terhadap grup pelanggan tertentu. Nantinya gudang data ini juga harus mampu
menaikkan volume penjualan dengan cross-selling atau up-selling.
3).Situs (web):
Jelas CRM harus
memiliki kemampuan swalayan. Hanya aplikasi berbasis situs (web based) yang
bisa mendukung ini. Pelanggan bisa melakukan transaksi sendiri, tahu berapa
yang harus dibayar, dan sebagainya.
4).Pelaporan (reporting):
Teknologi CRM harus
mampu menghasilkan laporan yang akurat dan komprehen, nantinya berguna untuk
menganalisa kelakuan pelanggan, dan lain-lain.
5).Meja Bantu (helpdesk):
Teknologi yang mampu
mengintegrasikan informasi pelanggan ke aplikasi meja bantu akan menunjukkan ke
pelanggan seberapa serius sebuah enterprise menangani pelanggannya.
Banyak perusahaan
menawarkan solusi-solusi CRM yang ‘tinggal pakai’ yang memiliki tingkat
fungsionalitas yang beragam. Biasanya produkproduk ini sudah cukup memadai.
Tetapi bukan itu yang membuat sukses implementasi CRM. Bisnis proses yang
terintegrasi dan konsolidasi data yang sudah ada saat implementasi CRM yang
bakal menjamin suksesnya CRM itu sendiri. Karena dengan tren bisnis yang ada,
tujuan utama sekarang adalah meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan
kita.
Dengan loyalitas
pelanggan yang meningkat, kelangsungan bisnis masa depan bisa berlanjut.
Perusahaan-perusahaan yang menerapkan CRM mendapatkan pengertian yang lebih
baik tentang pelanggan mereka dan kebutuhan mereka. Dikombinasikan dengan
penggudangan data, bank data dan meja bantu atau pusat panggilan (call center),
CRM membantu perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi tentang
sejarah pelanggan, apa-apa yang menjadi kesenangannya, apa saja keluhannya dan
bahkan data lain untuk mengira-ira apa yang pelanggan akan beli di masa datang.
1.7 CAPTURE AMAZON.COM
1.8 PENUTUP
Ide yang telah saya simpulan untuk
Amazon.com adalah pihak amazon.com
harus memaksimalkan penggunaan CRM guna memperoleh informasi tentang pelanggan dan bertujuan untuk meningkatkan
mutu pelayanan. Dan menurut saya keunggulan dari amazon.com adalah Produk yang
ditampilkan sudah digolongkan sesuai dengan kategori yang disediakan oleh
amazon.com. Dan yang menjadi keunggulan yang lain adalah tampilannya yang
selalu baru atau update terus menerus.
1.9 REFERENSI
http://study-ebusiness.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-e-business.html http://hamtox.blogspot.co.id/2013/07/makalah-e-business-dan-e-commerce.html
https://ferdhysetiadi.wordpress.com/e-commerce-dan-e-bisnis/e-bisnis/apa-itu-ebisnis/kelebihan-dan-kekurangan-e-bisnis/
http://serbaserbiecommerce.blogspot.co.id/2011/03/kelebihan-dan-kekuranganecommerce.html http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html https://emoajib.files.wordpress.com/2011/10/tugas-e-busines.pdf http://abelivana.blogspot.co.id/2011/04/kelebihan-amazoncom.html
Nice info :)
BalasHapusJUAL Obat Aborsi Padang MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
HapusCytotec Asli Padang YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER Obat Penggugur Kandungan Padang
YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.
Ciri Cytotec Asli adalah obatnya tidak ada bentuk lain selain persegi enam dan warnanya pun cuma putih.
INFO LEBIH LANJUT KLIK WEBSITE RESMI KAMI YANG TERTERA DI BAWAH INI:
Obat Aborsi di Padang
Obat Penggugur Kandungan di Padang
Obat Penggugur Janin di Padang
Penggugur Kandungan di Padang
Penggugur Janin di Padang
Cara Menggugurkan Kandungan di Padang
Klinik Aborsi di Padang
Obat Telat Bulan di Padang
Cod Cytotec Asli Padang
Cod Cytotec Padang
Obat Cytotec Asli di Padang
Cytotec Asli di Padang
Cytotec Asli
WA : 081325000880
BBM : 54D5479D
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusThanks infonya gan 😄
BalasHapuskeren broo,, semoga manfaat jg buat yg lain yaa..
BalasHapusE-commers yg dpake amazon apa bang?
BalasHapus"Special discount for new customers—get 15% off your first visit." For more information, visit our website here https://legitsparrow92.wordpress.com/
BalasHapus