Minggu, 17 April 2016

Makalah tentang Amazon.com sebagai Perusahaan E-Commerce dan E-Business


Tugas Paper Tentang Amazon.com

Disusun oleh:
M Fakhrel Maulana     (1501154148)



Program Studi Administrasi Bisnis
Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Telkom University
2016



DAFTAR ISI................................................................................................................2
1.1     PENDAHLUAN...........................................................................................................3











1.1 PENDAHULUAN

Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. 
Pengertian e-business adalah kegiatan transaksi , jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis melalui kegiatan elektronik/internet , dan juga perusahaan dapat berhubungan langsung dengan customernya , rekan bisnis ataupun supplier. Kelebihan ebusiness yaitu (1)Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. (2)Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). (3) Menurunkan biaya operasional (operating cost). (4)Melebarkan jangkauan (global reach). (5)Meningkatkan customer loyality. (6)Memperpendek waktu produksi. (7)Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan). Kekurangan e-business yaitu (1)Pencurian informasi rahasia yang berharga. (2)Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. (3)Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. (4)Kerugian yang tidak terduga. Ada beberapa jenis e-business yaitu business to business ,business to consumer, business to administrator , buyer driven market , seller driven market . 
Sedangkan pengertian e-commerce adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Kelebihan e-commerce yaitu (1)Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaranMeningkatkan daya saing perusahaan. (2)Menggantikan konsep manual. (3)Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah. (4)Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya. (5)Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.Kekurangan e-commerce yaitu (1)Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan. (2)Penjelasan produk kurang jelas. (3)Harga terkadang tidak sesuai.
(4)Produk kurang dikenal oleh masyarakat. (5)Kurang aman dalam melakukan transaksi. (6)Tampilan produk kurang jelas. (7)Sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.

1.2 SEJARAH DAN PERKEMBANGAN AMAZON.COM

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bozes dan mulai dipublikasikan untuk khalayak umum satu tahun kemudian yaitu tahun 1995. Bozes pada mulanya bekerja di De Shaw&CO memutuskan untuk membuat perusahaannya sendiri.
Pada mulanya nama dari perusahaan toko online ini adalah ‘Cadabra’ dan pertama rilis tanggal 5 Juli tahun 1994. Setelah dipikirkan kembali barulah pada tahun 1995 namanya berubah. Penggantian nama ini dikarenakan nama yang awal terdengar sangat mengerikan dan kurang menjual. Dengan penggantian nama menjadi amazon.com terasa lebih istimewa dan tentunya akan mudah dicari karena dengan awalan A maka akan berada dalam daftar paling atas sendiri. Selain itu, dia juga ingin perusahaan yang dibangunnya menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis yang ada di Amerika. Perusahaan toko online yang berkantor si Seattle, Washington, Amerika Serikat ini dibangun berdasarkan analisis yang sangat mendalam. Bozes melihat peluang yang sangat besar sekali dengan perkembangan dunia internet yang akan terjadi di masa mendatang. Dan terbukti sekarang perusahaannya sudah sangat berkembang pesat. Pada awalnya, Bozes merinci ada 20 daftar nama barang yang akan dipasarkannya tapi kemudian dipersempit menjadi 5 saja yang akan dipasarkan dan dianggap sangat menguntungkan. Kelima produk tersebut yaitu buku, software komputer, video, hardware komputer, dan compact disc. Dari lima daftar ini akhirnya Bozes memutuskan untuk menjual buku secara online pada mulanya. Pada awal penjualan di amazon.com berupa buku ini mengalami perkembangan yang pesat karena ketika itu permintaan buka sangat banyak.

1.3 PRODUK YANG DIGUNAKAN UNTUK KEGIATAN BISNIS

1).Amazon Book Surge
Amazon’s BookSurge adalah buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan untuk mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor.
BookSurge beroperasi pada April tahun 2005.
2).Amazon EBS
Amazon Elastis Blokir Store (EBS) menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk digunakan dengan Amazon EC2. Amazon EBS sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan database, sistem file, atau akses ke mentah blok tingkat penyimpanan.
Diluncurkan ke publik pada 21 Agustus 2008.
3).Amazon EC 2
Amazon EC2 ( Elastis Cara Cloud ) berfungsi menyediakan layanan server virtual dengan harga yang murah. Bersama Amazon’s virtual penyimpanan produk S3, EC2 bekerja sama untuk menyediakan ruang data storage. penyimpanan data. Contohnya adalah Pownce dan Justin.tv yang menggunakan EC2. Disini user hanya membayar sejumlah yang digunakan.
Contoh setiap jam adalah $ 0,10 dan tidak ada biaya minimum.
4).Amazon Elastic Map Reduce
Amazon elastis MapReduce merupakan bagian dari Amazon Web Services (aws). Ini adalah layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analis data, dan pengembang dengan mudah dan dengan biaya yang efektif untuk memproses data dalam jumlah besar. Menggunakan Amazon Elastic MapReduce pengguna dapat melakukan aplikasi seperti web indexing, data, log file analysis, machine learning,financial, scientific simulations, research and bioinformatics.
5).Amazon Fresh 
Amazon Fresh adalah layanan pengiriman makanan yang pemesanannya dilakukan secara online. Amazon Fresh saat ini sangat berkembang di Seattle, daerah Washington.
6).Amazon Kindle
Diperkenalkan ke publik pada bulan November 2007Kindle adalah sebuah e-reader yang dikembangkan Amazon.com. Books, newspapers, Buku, koran, majalah dan blog yang diambil ke perangkat nirkabel Amazon secara gratis melalui jaringan EVDO (disebut WhisperNet) dan diterbitkan dalam format eksklusif untuk Kindle.
7).Amazon Amazon’s Kindle 2
 Kindle 2 adalah ponsel ebook reader. Dipublikasikan pada 9 February 2009. Februari 2009. Produk ini menggunakan teknologi nirkabel 3G.
8).Amazon Kindle DX             
Amazon Kindle DX merupakan versi dari Kindle, yang dirilis pada Mei tahun 2009. DX memiliki ukuran layar lebih besar daripada versi Kindle sebelumnya.
9).Amazon S3
Amazon S3 (Simple Storage Service) merupakan layanan penyimpanan online untuk perusahaan-perusahaan pengembang. Data dapat disimpan atau diambil melalui antarmuka web sederhana dari komputer mana saja dan dapat dilakukan setiap saat.
10).Amazon Unbox
Amazon Unbox video adalah layanan video, dan hanya tersedia di Amerika Serikat.
11).Amazon Video on Demand
Amazon Video on Demand adalah layanan video streaming untuk televisi dan film. Pada peluncuran di bulan Juli tahun 2008, lebih dari 40 000 film dan televisi telah tersedia disini.
12).Amazon Web Services
Sejak awal tahun 2006, Amazon Web Services (aws) perusahaan telah menyediakan semua ukuran dengan infrastruktur layanan web platform in the cloud. Anda dapat dengan AWS permintaan daya penghitungan, penyimpanan, dan layanan lainnya mendapatkan akses ke yang elastis infrastruktur TI sebagai layanan bisnis Anda tuntutan mereka.
13).Mechanical Turk
Amazon’s Mechanical Turk adalah sumber keramaian layanan yang memungkinkan para pengembang dan perusahaan untuk mendapatkan orang-orang untuk melakukan sejumlah kecil dari pekerjaan yang tidak dapat melakukan komputer sangat mudah. Amazon’s service market sebagai Artificial Intelligence, karena pengguna dapat menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang mirip dengan sangat sulit untuk melaksanakan/membuat artificially intelligent machines. Manusia masih sangat unggul ke komputer di banyak realms. Mengidentifikasi konteks dalam gambar untuk tag dapat dilakukan dengan cepat oleh manusia, tetapi tidak sama sekali oleh komputer.

1.4 IDENTIFIKASI KEKUATAN DAN KELEMAHAN AMAZON.COM SECARA INTERNAL 

1.  Bagian pemasaran 
Kekuatannya: 
      Amazon.com sudah mempunyai merek yang terkenal dan tepercaya. 
      Strategi pemasaran yang bagus 
      Harga produk yang lebih murah dibandingkan pesaing yang lainnya 
Kelemahannya : Pada bagian pemasaran ini tidak terdapat kelemahan 
2.  Bagian operasional 
Kekuatannya: 
      Situs Website yang memiliki akses yang cepat, design yang menarik dan sangat mudah untuk dioperasikan. 
      Amazon.com memiliki diversivikasi produk sehingga memberikan tambahan pelanggan. 
Kelemahannya: 
      Amazon.com ini tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman.  3. Bagian Keuangan 
Kekuatannya: 
Semua pembayaran dilakukan secara transfer(kartu kredit), sehingga perusahaan amazon.com sendiri tidak perlu repot. 
Kelemahannya : 
Strategi free shipping khusus member akan memepengaruhi posisi keuangan di masa depan. 

1.5 ANALISIS KEKUATAN DAN KELEMAHAN AMAZON.COM 

Kekuatan : 
      Amazon.com merupakan perusahaan on-line pengecer produk media yang mendidik sekaligus menghibur. 
      Fungsi seperti Pengguna Review yang dianggap sebagai atribut yang positif untuk berbagi informasi dan masukan yang dapat membantu mendorong penjualan. 
      Amazon merupakan perusahaan online yang telah memiliki nama yang terkenal di seluruh dunia. 
      Pada sepuluh tahun terakhir ini telah mengembangkan basis pelanggan sekitar 30 juta orang, dan sekarang amazon.com telah memiliki memiliki kategori produk yang mencakup elektronik, mainan dan permainan, dan masih banyak lagi. 
      Penggunaan pasar on-line menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barangbarang yang tidak diinginkan, sehingga menjadi point yang berbeda bagi amazon.com untuk bersaing dengan para pengecer lainnya. 
      Perhasil membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan yang lebih muda sehingga memberikan kesetiaan kepada merek. 
Kelemahan : 
      Amazon.com tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman antarmuka dengan pelanggan yang tak terkendali dapat mengakibatkan tingkat layanan dan potensi masalah biaya meningkat seperti:transportasi,industry dan kenaikan bahan bakar kendaraan meningkat, serta tentang perpajakan. 
      Amazon menambahkan kategori baru untuk bisnis, maka risikonya dapat merusak merek 
      Supplier sedikit 
      Resiko inventori-musiman 
      Pelanggaran data rahasisa informasi pelanggan 
      Amazon merupakan toko buku nomor satu. Toy-R merupakan pengecer nomor satu untuk produk mainan dan permainan. Bayangkan jika Toy-R mulai menjual buku. Hal ini akan merancukan dan membahayakan konsumennya dan juga mereknya. Dengan cara yang sama, banyak dari kategori baru, misalnya otomotif, dapat membuktikan terlalu membingungkan bagi pelanggan.

1.6 IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA AMAZON.COM

Untuk mengimplementasikan sebuah strategi CRM, diperlukan paling tidak 3 (tiga) faktor kunci yaitu :
1).Orang-orang yang profesional (kualifikasi memadai),
2).Proses yang didesain dengan baik dan
3).Teknologi yang memadai (leading-edge technology).
Tenaga yang profesional tidak saja mengerti bagaimana menghadapi pelanggan tetapi juga mengerti cara menggunakan teknologi (untuk CRM). Apapun tanpa desain yang baik akan gagal, begitu juga CRM. Perusahaan pengguna CRM harus sudah mengetahui tujuan (business objectives) dan tuntutan bisnis (business requirements) yang diinginkan dari implementasi CRM ini.
Teknologi CRM paling tidak harus memiliki elemen-elemen berikut:
1).Aturan-aturan Bisnis:
Tergantung dari kompleksitas transaksi, aturan-aturan bisnis harus dibuat untuk memastikan bahwa transaksi dengan pelanggan dilakukan dengan efisien. Misalnya pelanggan dengan pembelian besar yang mendatangkan keuntungan besar harus dilayani oleh staf penjualan senior dan berpengalaman, dan seterusnya.
2).Penggudangan Data (data warehousing):
Konsolidasi dari informasi tentang pelanggan harus dilakukan dalam satu sistem terpadu. Hasil analisa harus mampu menampilkan petunjuk-petunjuk tertentu tentang pelanggan sehingga staf penjualan dan marketing mampu melakukan kampanye terfokus terhadap grup pelanggan tertentu. Nantinya gudang data ini juga harus mampu menaikkan volume penjualan dengan cross-selling atau up-selling.
3).Situs (web):
Jelas CRM harus memiliki kemampuan swalayan. Hanya aplikasi berbasis situs (web based) yang bisa mendukung ini. Pelanggan bisa melakukan transaksi sendiri, tahu berapa yang harus dibayar, dan sebagainya.
4).Pelaporan (reporting):
Teknologi CRM harus mampu menghasilkan laporan yang akurat dan komprehen, nantinya berguna untuk menganalisa kelakuan pelanggan, dan lain-lain.
5).Meja Bantu (helpdesk):
Teknologi yang mampu mengintegrasikan informasi pelanggan ke aplikasi meja bantu akan menunjukkan ke pelanggan seberapa serius sebuah enterprise menangani pelanggannya.
Banyak perusahaan menawarkan solusi-solusi CRM yang ‘tinggal pakai’ yang memiliki tingkat fungsionalitas yang beragam. Biasanya produkproduk ini sudah cukup memadai. Tetapi bukan itu yang membuat sukses implementasi CRM. Bisnis proses yang terintegrasi dan konsolidasi data yang sudah ada saat implementasi CRM yang bakal menjamin suksesnya CRM itu sendiri. Karena dengan tren bisnis yang ada, tujuan utama sekarang adalah meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan kita.
Dengan loyalitas pelanggan yang meningkat, kelangsungan bisnis masa depan bisa berlanjut. Perusahaan-perusahaan yang menerapkan CRM mendapatkan pengertian yang lebih baik tentang pelanggan mereka dan kebutuhan mereka. Dikombinasikan dengan penggudangan data, bank data dan meja bantu atau pusat panggilan (call center), CRM membantu perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi tentang sejarah pelanggan, apa-apa yang menjadi kesenangannya, apa saja keluhannya dan bahkan data lain untuk mengira-ira apa yang pelanggan akan beli di masa datang.

1.7 CAPTURE AMAZON.COM








1.8 PENUTUP

 Ide yang telah saya simpulan untuk Amazon.com adalah pihak amazon.com harus memaksimalkan penggunaan CRM guna memperoleh informasi tentang  pelanggan dan bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan. Dan menurut saya keunggulan dari amazon.com adalah Produk yang ditampilkan sudah digolongkan sesuai dengan kategori yang disediakan oleh amazon.com. Dan yang menjadi keunggulan yang lain adalah tampilannya yang selalu baru atau update terus menerus. 

1.9 REFERENSI


6 komentar:

  1. Balasan
    1. JUAL Obat Aborsi Padang MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
      Cytotec Asli Padang YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER Obat Penggugur Kandungan Padang
      YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.
      Ciri Cytotec Asli adalah obatnya tidak ada bentuk lain selain persegi enam dan warnanya pun cuma putih.

      INFO LEBIH LANJUT KLIK WEBSITE RESMI KAMI YANG TERTERA DI BAWAH INI:

      Obat Aborsi di Padang
      Obat Penggugur Kandungan di Padang
      Obat Penggugur Janin di Padang
      Penggugur Kandungan di Padang
      Penggugur Janin di Padang
      Cara Menggugurkan Kandungan di Padang
      Klinik Aborsi di Padang
      Obat Telat Bulan di Padang
      Cod Cytotec Asli Padang
      Cod Cytotec Padang
      Obat Cytotec Asli di Padang
      Cytotec Asli di Padang
      Cytotec Asli

      WA : 081325000880
      BBM : 54D5479D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. keren broo,, semoga manfaat jg buat yg lain yaa..

    BalasHapus
  4. E-commers yg dpake amazon apa bang?

    BalasHapus